Tidur nyenyak sangat penting

Penulis F. Scott Fitzgerald pernah berkomentar: “Hal terburuk di dunia adalah mencoba untuk tidur dan tidak.” Saya yakin banyak pembaca berbagi masalah Fitzgerald. Tapi misalkan masalah umum ini bisa membunuhmu? Saat itulah bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang insomnia dan mengapa beberapa orang menderita TAT (Lelah Sepanjang Masa).

Prof. Matthew Walker adalah pendiri University of California Berkeley Centre for Human Sleep Science. Dia juga penulis buku Why We Sleep. Walker mengatakan: “Epidemi kehilangan tidur yang senyap adalah salah satu tantangan kesehatan masyarakat terbesar yang kita hadapi di abad ke-21.”

Jika Anda mengantuk saat mengemudi, figurnya harus membangunkan Anda. Walker mengatakan bahwa satu orang meninggal setiap jam di A.S. karena kesalahan terkait kelelahan.

Misalnya, minggu ini lebih dari dua juta orang di AS akan tertidur saat mengemudi. Ini berarti 1,2 juta kecelakaan yang disebabkan oleh kantuk setiap tahun di A.S. Bisakah mobil tanpa sopir menyebabkan begitu banyak kecelakaan?

Pada pemikiran pertama, orang akan mengharapkan pengemudi profesional memiliki track record yang lebih baik. Tapi Walker mengatakan supir truk lebih berbahaya karena 80 persen kelebihan berat badan dan 50 persen mengalami obesitas secara klinis, meningkatkan risiko sleep apnea.

Hasilnya bisa jadi bencana besar. Angka menunjukkan pengemudi truk jarak jauh memiliki risiko kecelakaan sebesar 200 persen sampai 500 persen lebih tinggi. Dan ketika seorang sopir terbunuh, dia membawa 4,5 orang lainnya bersama mereka.

Ada lebih dari 20 penelitian tidur yang telah mengikuti pasien selama beberapa dekade. Bagi mereka yang menderita insomnia, satu hubungan tunggal sangat penting dan mengganggu, yaitu, “lebih pendek tidur Anda, semakin pendek hidup Anda.” Tapi karena tidur singkat adalah penyebab lebih dari sekadar kecelakaan lalu lintas dan kematian. Walker juga menunjukkan bukti bahwa itu terkait dengan serangan jantung, obesitas, diabetes, kanker dan demensia.

Dia melaporkan bahwa, di musim semi, ketika kita kehilangan satu jam tidur karena daylight saving, ada peningkatan 24 persen pada serangan jantung. Kemudian, pada musim gugur, ketika kita mendapatkan satu jam, ada kebalikannya, 21 persen penurunan serangan jantung.

Walker melaporkan bahwa bahkan sistem pembuangan limbah tubuh kita meningkatkan aktivitas saat tidur. Ini membantu menghilangkan plak dari arteri koroner, dengan sedikit kemungkinan serangan jantung. Tidur juga menurunkan produk limbah amyloid-beta di otak, menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Yang juga mengkhawatirkan adalah kenyataan bahwa penelitian Walker tidak dapat menemukan satu kondisi kejiwaan di mana tidur subjek itu normal.

Tapi bagaimana bisa insomnia mempengaruhi apakah seseorang terkena kanker atau tidak? Walker mengklaim bahwa setelah satu malam tidur hanya empat jam, sel pembunuh alami kita yang menyerang sel kanker menurun sebesar 75 persen. Karena hilangnya sel pembunuh ini, para periset telah menghubungkan berbagai jenis kanker – seperti keganasan usus, payudara dan prostat – hingga insomnia.

Untuk mengantarkan pentingnya tidur, dan kemungkinan perkembangan kanker, Walker mencatat bahwa, sejak 2007, World Health Association telah memberi label pekerjaan shift sebagai “karsinogen manusia yang mungkin.” Apalagi jika Anda melawan pertempuran melawan kanker, kurang tidur. Dapat menyebabkan keganasan tumbuh lebih cepat dan lebih agresif.

Yang tidak mengejutkan saya adalah bahwa insomnia dan kecanduan obat berjalan seiring. Sayangnya, studi Walker menunjukkan bahwa anak-anak yang tidur nyenyak kronis berisiko tinggi terhadap penyalahgunaan alkohol dan narkoba di masa remaja mereka. Insomnia juga telah dikaitkan dengan intimidasi.

Jadi bagaimana Anda bisa memperbaiki tidur Anda sehingga Anda tidak lelah sepanjang waktu? Pergilah tidur dan bangun pada saat yang sama, bahkan jika malam ini terasa buruk. Jaga suhu ruangan sekitar 18 C dan kenakan kaus kaki jika kaki Anda kedinginan. Satu jam sebelum tidur, matikan TV, redupkan lampu dan gunakan pemadaman gorden. Hindari kafein setelah jam 1 siang. dan jangan pergi tidur mabuk. Alkohol adalah sedasi, tapi tidak tidur. Masih belum bisa tidur? Lalu bangun dan lakukan sesuatu yang sepi dan santai sampai Anda memiliki keinginan untuk tidur.

Tapi apa kata Walker jika murid-muridnya tertidur selama ceramahnya? Dia bilang dia tersanjung – dia tahu tidur membantu pembelajaran berbasis fakta dan ingatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *